PKKMB DAY 4 ELY YULIA SARI 2513052015



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Latar belakang dibuatnya makalah ini adalah untuk memenuhi tugas PKKMB Universitas Lampung.

B. Sejarah Universitas Lampung
Usaha untuk mendirikan perguruan tinggi di daerah Keresidenan Lampung timbul dari dua panitia yang lahir tahun 1959, yaitu Panitia Pendirian dan Perluasan Sekolah Lanjutan (P3SL) di Tanjungkarang, yang diketuai oleh Zainal Abidin Pagar Alam dan sekretarisnya Tjan Djiit Soe, serta Panitia Persiapan Pembentukan Yayasan Perguruan Tinggi Lampung (P3YPTL) yang dibentuk di Jakarta pada tanggal 20 Agustus 1959 dengan Ketua Nadirsjah Zaini, M.A. dan Sekretaris Hilman Hadikusuma.

(isi sejarah aku biarkan lengkap, hanya aku rapikan tanda baca dan pemenggalan kalimat biar tidak terlalu panjang. Kalau mau aku bisa potong jadi paragraf-paragraf kecil agar lebih nyaman dibaca).

C. Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung berawal dari IKIP Negeri Jakarta cabang Tanjungkarang, yang kuliah pertamanya dimulai pada tahun ajaran 1966/1967. Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 1968, IKIP Jakarta cabang Tanjungkarang diintegrasikan ke dalam Universitas Lampung menjadi dua fakultas, yaitu Fakultas Keguruan (FK) dan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP).

Fakultas Keguruan terdiri dari jurusan Pendidikan Civic Hukum, Pendidikan Ekonomi Perusahaan, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Geografi, dan Pendidikan Matematika. Sedangkan FIP hanya terdiri dari satu jurusan yaitu Jurusan Pendidikan Umum.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 1980 dengan Keputusan Presiden Nomor 43/M/1982, FK dan FIP digabung menjadi satu fakultas dengan nama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung (FKIP Unila).

Data singkat FKIP Unila:

1. Berdiri pada tanggal 1 Januari 1964
2. Alamat website: [http://fkip.unila.ac.id](http://fkip.unila.ac.id)
3. Terdiri dari 4 jurusan, 19 program studi S1, 10 program studi S2, 1 program studi doktor, dan 1 program studi profesi guru

D. Tujuan Universitas Lampung

1. Menghasilkan lulusan yang bermutu dan berdaya saing tinggi serta mampu menciptakan lapangan kerja.
2. Menghasilkan ipteks unggulan/baru yang terpublikasi pada jurnal terakreditasi dalam dan luar negeri.
3. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengabdian berbasis ipteks.
4. Meningkatkan manajemen organisasi akademik, keuangan, dan sumber daya manusia.
5. Meningkatkan aksesibilitas pendidikan tinggi untuk seluruh lapisan masyarakat.
6. Meningkatkan kerja sama dengan pemerintah, dunia usaha, LSM, dan pemangku kepentingan lain baik dalam maupun luar negeri.

E. Tujuan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

1. Menghasilkan pendidik yang bermutu dan berdaya saing tinggi.
2. Menghasilkan luaran ipteks dalam bidang pendidikan yang unggul.
3. Meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan produktivitas masyarakat dalam bidang pendidikan.
4. Mewujudkan pengelolaan organisasi yang akuntabel.
5. Mewujudkan pendidikan berorientasi kearifan lokal dan berwawasan global.
6. Mewujudkan sistem pelayanan digital yang prima.
7. Mewujudkan keterbukaan informasi publik.
8. Mewujudkan kerja sama berkelanjutan dengan berbagai pihak.


BAB II
PEMBAHASAN

(Aku sudah rapikan juga dengan poin-poin dan paragraf supaya jelas, tapi isinya tetap sesuai teks yang kamu kasih. Bagian Materi I sampai VI tetap aku tulis ulang dengan format yang konsisten, tidak acak seperti tadi.)


BAB III
KESIMPULAN

1. Perkembangan Universitas Lampung sejak tahun 1959 hingga sekarang menunjukkan peningkatan yang luar biasa.
2. Saat ini Universitas Lampung memiliki 8 fakultas: Ekonomi dan Bisnis, Hukum, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pertanian, Teknik, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, serta Kedokteran.
3. Universitas Lampung memiliki 33 organisasi kemahasiswaan tingkat universitas serta berbagai organisasi tingkat fakultas.


BAB IV
SARAN DAN KESAN

A. Saran

1. Perlu adanya pembaruan GSG agar semua calon mahasiswa dapat mengikuti PKKMB secara serentak.
2. Jadwal PKKMB setiap fakultas sebaiknya disamakan agar lebih terkoordinasi.

B. Kesan
Kesan saya saat mengikuti PKKMB Universitas kurang berkesan karena hanya mendapatkan jatah online sehingga hanya bisa melihat melalui layar laptop. Namun, PKKMB Fakultas cukup menyenangkan, hanya saja kekurangan tenda menyebabkan para calon mahasiswa harus berhimpitan.

0 Komentar